Ternyata Kecepatan Bandwidth bukan Satu-satunya Faktor..!

Ternyata Kecepatan Bandwidth bukan Satu-satunya Faktor..!

  • Post Category:Info

Yes Benar! Anda pernah melihat brosur/selebaran dari ISP yang menjual Bandwdith besar dengan harga murah..? Ternyata untuk penggunaan internet yang stabil besaran Bandwidth bukanlah faktor penentu.

Pernah dengar istilah Ping, Latency, dan Jitter..?

Jika belum atau sudah tapi belum terlalu paham, baiklah mari kita bahas satu persatu yaa..

PING

Ping sebenarnya meniru dari cara kerja sonar untuk mengirim signal dan menerima signal dengan tujuan untuk mengetahui benda-benda di sekitar (Sonar sendiri meniru cara kerja hewan seperti paus dan lumba-lumba). Ping sendiri pertama kali digunakan di tahun 1983 oleh Mike Muuss dengan ECHO_REQUEST dan ECHO_REPLY yang ditujukan untuk apakah target mesin merespon dan berapa lama mesin tersebut merespon.

PING adalah singkatan dari Packet Internet Gopher adalah tools yang akhirnya digunakan di multiplatform Operating System yang salah satunya adalah Windows dengan cara kerja mengirim pesan Internet Control Message Protocol (ICMP) dalam IP Address.

Ping berguna untuk mengetahui apakah PC Anda terhubung dengan internet..? (Ketika di Ping dan mendapat respon itu artinya PC Anda terhubung dengan internet) namun jika tidak mendapat balasan maka bisa jadi koneksi internet mati, kabel LAN, wifi atau Router yang bermasalah.

Definisi sederhana dari Ping adalah tools/alat ukur untuk mengetahui waktu yang dibutuhkan dari komputer Anda kepada Komputer tujuan dan kembali lagi.

JITTER

Sedangkan Jitter menunjukkan variasi delay (Waktu yang di butuhkan untuk berangkat dan kembali) Ping yang juga di tunjukkan dalam bentuk satuan milisecond. Semakin kecil Jitter maka semakin stabil koneksi internet. Jitter hampir tidak terasa ketika browsing internet biasa, namun jika sedang live-streaming, game online, akses server dan lainnya, maka Jitter akan sangat berpengaruh.

LATENCY

Secara sederhana adalah Delay Time (waktu tunda) yang di butuhkan dari sumber ke tujuan dalam satuan milisecond. Bagi gamers istilah ini bisa disebut Lag, jika semakin besar milisecond Latency maka semakin nge-lag game tersebut.

Ping-Latency-Jitter

Jika Ping adalah tools-nya maka Latency adalah istilah penyebutnya sementara Jitter adalah variasinya ; jadi jika digunakan dalam satu kalimat  “Coba di Ping, berapa Latency dan Jitter nya?” Artinya Ping adalah tools-nya, Latency adalah satuannya, Jitter adalah variasi naik turun perubahan latency.

Untuk menggunakan Ping (dalam OS Windows) jalankan program Command Prompt atau search di “kaca pembesar” dan ketik cmd. Kemudian ketik “ping google.com” (tanpa tanda kutip) atau “ping google.com –t” untuk mengetahui berapa milisecond delay dari PC Anda ke situs google.com.

Jika terdapat RTO (Request Time Out) artinya ini adalah packet loss atau data yang tidak ke-sent atau tidak ke-receive.

Akses data internet terbagi dua jenis yaitu waiting to complete dan sent continuously. Untuk data yang menunggu hingga komplit biasanya dilakukan oleh data yang sudah tersimpan di server, misal portal berita, Instagram, Facebook, dan Video-video non live di Youtube. Sedangkan data yang dikirim berkelanjutan adalah ketika livestreaming di Youtube atau Twitch.tv dan juga semua Game Online.

Jika RTO semakin banyak/besar akan berpengaruh kepada aplikasi kita. Jika aplikasi yang kita gunakan adalah tersimpan dalam suatu server maka akan terjadi buffer dalam pemutaran bideo tersebut. Namun jika aplikasi itu adalah live, maka akan ada “lompatan” sekian detik tergantung RTO-nya berapa besar. Jadi jika main game online posisi karakter game tiba-tiba ada di depan seolah lompat atau blank-time ini yang di sebut lagging.

Jadi, besaran bandwidth hanya mengacu kepada berapa besar kapasitas Download/Upload bukan seberapa cepat atau stabil koneksi internet kita. Untuk mengetahui parameter ini semua, Anda bisa membuka aplikasi online semacam speedtest.net dan perhatikan bukan hanya besaran bandwidth tapi Ping dan Jitter berapa milisecond latency-nya.

Berikut contoh Ping google.com melalui aplikasi Command Prompt

Dengan parameter sebagai berikut:

Pinging google.com, 74.125.24.101 adalah IP Address dari Google, reply from berarti terkoneksi dengan internet.

Bytes=32 adalah besaran data yang di sent dalam kilobytes

Time=xxms adalah latency delay yang dibutuhkan perjalanan sent-receive dari PC saya ke-dari google.com, Minimum Ping adalah 26ms dan Maksimal Ping adalah 35ms dengan rata-rata 28ms.

Tentunya semakin kecil Ping dan Latency-nya maka semakin baik yang berarti delay time-nya semakin kecil.

Baiklah sekian pembahasan kita mengenai Ping-Latency-Jitter dan pengaruhnya dalam aplikasi kita.