Mengenal BGP: iBGP dan eBGP

Mengenal BGP: iBGP dan eBGP

  • Post Category:Info

Mari mengenal BGP, sebuah elemen penting di Internet.

BGP adalah protokol yang bertugas menghubungkan satu network ke network yang lain. BGP dapat diibaratkan sebagai bahasa yang digunakan oleh router milik ISP untuk ngobrol satu sama lain, dalam percakapannya router ISP ini berbagi informasi IP yang lewat darinya, sehingga komunikasi antarnetwork dapat berjalan dua arah.

Umumnya setiap ISP mempunyai nomer BGP yang unik tidak ada yang sama; kita sebut saja nomer BGP ini sebuah identitas, sebut saja nama. Tentu sangat logis bukan apabila ketika Anda bertanya dengan teman Anda ke manakah jalan menuju Jakarta dari Surabaya, maka teman Anda apabila tidak tahu akan mengatakan — hei, tanyalah ke X karena dia lebih tahu, dan X akan memberikan informasi kalau Y lebih tahu, dan akhirnya Anda sampai ke Z yang dapat mengantarkan Anda ke Jakarta. Seperti itulah jaringan bekerja.

BGP terbagi menjadi dua yaitu iBGP dan eBGP. Tebakan anda benar bila “e” merujuk pada external dan “i” merujuk pada internal. Dalam aplikasinya router ISP ini dapat ngobrol dengan satu network (internal) dan dengan network yang berbeda (external). Seperti pada contoh diatas, jika diibaratkan internal adalah penggunaan bahasa yang sama, maka router internal anda hanya dapat berbicara satu sama lain dalam satu bahasa. Dan akan ada satu router Anda yang akan berbicara multilanguage, ya benar dia adalah router BGP yang dapat belakukan iBGP dan eBGP. Di dunia internet, router semacam itu disebut dengan “border“, sedangkan router berbicara satu sama lain dengan bahasanya sendiri adalah router distribusi.

Nah sudah paham kan……??